PEMERIKSAAN CVT (CONTINUOSLY
VARIABLE TRANSMISSION)
Alat
dan Bahan
·
Alat:
-
Kunci
T-8 mm
-
Kunci
T-10 mm
-
Kunci
T-12 mm
-
Obeng
Sedang (+)
-
Obeng
Besar (+)
-
Obeng
Sedang (-)
-
Obeng
Besar (-)
-
Screwdriver
Pounding (Obeng Ketok)
-
Tracker
X (Rotor Holding Sheave)
-
Tracker
Y (Cluth Holding)
-
Ratchet
Handle
-
Kunci
Shock 8 mm
-
Kunci
Ring 10-12 mm
-
Kunci
Ring 17 mm
-
Ampelas
kasar dan lembut
-
Kunci
Ring 24 mm
-
Lock
nut wrench (kunci pembuka mur rumah kopling)
-
Air
Compressor
-
Baki
-
Palu
-
Tang
jepit
-
Kuas
·
Bahan-bahan
yang diperlukan:
-
1
Unit CVT Sepeda Motor Yamaha Mio
-
Alkohol
-
Bensin
. Proses
Pengerjaan
v Langkah Membongkar:
§ Lepaskan 3 baut pada cover kiri bagian bawah
sepeda motor, agar dapat memudahkan melepas Foot Step.
§ Lepaskan Foot step dengan melepas 2 baut
menggunakan kunci 12 ring.
§ Lepaskan baut-baut filter CVT dan lepaskan filter CVT.
§ Lepaskan baut-baut yang melekat pada block
CVT dengan menggunakan Rachet Handle Shock 8mm, Kunci T-8mm.
§ Setelah semua baut terlepas, lepaskan block
CVT.
![]() |
Block CVT |
Ø Lepaskan komponen bagian Secondary Sheave :
§ Mangkuk Kopling(Clutch Housing): gunakan
tracker X (rotor holding tool) atau menggunakan Sheave Holder dankunci shock 24
atau
§ Kopling Pendukung(Clutch):gunakan tracker Y
(cluct holding tool) dan kunci (lock nut wrench).
§
Sliding Secondary Sheave. Dan lepaskan 3 pin
guidge pengunci pada sliding Secondary Sheave
`
Gambar: Sliding Secondary
Sheave
§ Fixed Secondary Sheave.
Gambar:
Fixed Secondary Sheave
§ Lepaskan semua komponen Primer Sheave:
§ Fixed Primer Sheave: gunakan ring 17mm dan
tahan fixed primer sheave dengan 1 baut (apabila tidak mempinyai impact).lepaskan
ring 17, gigi kick starter, Ring bintang, Ring tipis(ring collar)
Gambar:
Fixed Primer Sheave
§ Collar.
Gambar: Collar
§ Sliding Primer Sheave.
Gambar : Sliding Primer
Sheave
§ Roller.
Gambar: Roller / Wheight/Pemberat
§ Cam dan Slider
Gambar: Cam
§ Lepaskan V-Belt.
Gambar: V-belt
§ Cek semua komponen Primer Sheave dan
Secondary Primer
§ Bersihkan semua komponen denggan menggunakan
bensin lalu semprot dengan air compressor, lap semua komponen CVT dengan lap
bersih dan alkohol, kecuali Kopling Pendukung, berilah Grease CVT sesuai dengan
ketentuannya, primary sheave berilah grease warna putih/transparan, sedangkan
untuk secondary sheave menggunakan grease berwarna kuning.
Gambar: Grease
Primary (Kuning) dan GreaseSecondary (Putih)
§
Ampleas
Kopling Pendukung dan Mangkuk Kopling (Clutch Housing), bersihkan kembali
dengan air compressor.
§
Bersihkan
V-Belt dan Mangkuk Kopling dengan alkohol lalu bersihkan dengan air compressor.
Ganti komponen-komponen yang telah tidak layak di pakai.
v Langkah Pemasangan:
§ Pasangkan kembali seluruh komponen CVT
seperti semula bagian
§ Pasang Primary Sheave, secara berurutan :
- Cam
- Roller
-
Sliding Sheave
-
Collar, Ring tipis(ring Collar)
-
Fixed Sheave
- Ring
Bintang
- Gigi
Kick Starter
- Ring
17 mm
-
Kencangkan Mur 17mm dengan kunci ring 17mm).
§ Pasang kembali Secondary Sheave, secara
berurutan :
-
Fixed Sheave
- V-belt
- Sliding
Sheave-
- Seat
Scondary
- Spring
(Per)
- Clutch
Carrier(Kopling Pendukung)
- Kencangkan Nut Wrench(mur pengunci kopling
pendukung) menggunakan kunci lock nut wrench dan tahan Kopling dengan tracker Y
(Clutch Holding)
- Rumah Kopling, kencangkan mur 24 mm,
menggunakan kunci ring 24mm dan tahan menggunakan tracker X (Rotor Holding
Tool)
§ Pasangkan Block CVT lalu kencangkan semua
baut Block CVT.
§ Pasang kembali filter CVT
§ Pasangkan kembali Foot Step dengan kunci ring
12mm.
§ Pasang kembali cover kiri bagian bawah sepeda
motor Mio dengan mengencangkan 3 baut.
Hasil yang Dicapai
Tidak ada komentar:
Posting Komentar