Rabu, 30 April 2014

service CVT


PEMERIKSAAN CVT (CONTINUOSLY VARIABLE TRANSMISSION)
Alat dan Bahan
·         Alat:
-       Kunci T-8 mm
-       Kunci T-10 mm
-       Kunci T-12 mm
-       Obeng Sedang (+)
-       Obeng Besar (+)
-       Obeng Sedang (-)
-       Obeng Besar (-)
-       Screwdriver Pounding (Obeng Ketok)
-       Tracker X (Rotor Holding Sheave)
-       Tracker Y (Cluth Holding)
-       Ratchet Handle
-       Kunci Shock 8 mm
-       Kunci Ring 10-12 mm
-       Kunci Ring 17 mm
-       Ampelas kasar dan lembut
-       Kunci Ring 24 mm
-       Lock nut wrench (kunci pembuka mur rumah kopling)
-       Air Compressor
-       Baki
-       Palu
-       Tang jepit
-       Kuas
·         Bahan-bahan yang diperlukan:
-       1 Unit CVT Sepeda Motor Yamaha Mio
-       Alkohol
-       Bensin


.           Proses Pengerjaan
v  Langkah Membongkar:
§  Lepaskan 3 baut pada cover kiri bagian bawah sepeda motor, agar dapat memudahkan melepas Foot Step.
§  Lepaskan Foot step dengan melepas 2 baut menggunakan kunci 12 ring.
§   Lepaskan baut-baut filter CVT dan lepaskan filter CVT.

Filter CVT
Filter CVT








  



§  Lepaskan baut-baut yang melekat pada block CVT dengan menggunakan Rachet Handle Shock 8mm, Kunci T-8mm.
§  Setelah semua baut terlepas, lepaskan block CVT.
block CVT
Block CVT








Ø  Lepaskan komponen bagian Secondary Sheave :
§   Mangkuk Kopling(Clutch Housing): gunakan tracker X (rotor holding tool) atau menggunakan Sheave Holder dankunci shock 24 atau

rumah koplong (cluct houshing)
Rumah Kopling (Cluct Housing)








§  Kopling Pendukung(Clutch):gunakan tracker Y (cluct holding tool) dan kunci (lock nut wrench).

Kopling Otomatis Per (Sping Secondary Sheave)










 Per Kopling (Spring secondary Sheave
Per Kopling (Spring secondary Sheave)







§  

Dudukan Per(Seat Secondary)
Dudukan Per(Seat Secondary)





   
Sliding Secondary Sheave. Dan lepaskan 3 pin guidge pengunci pada sliding Secondary Sheave
         `          
 Sliding Secondary Sheave

Gambar: Sliding Secondary Sheave      
§  Fixed Secondary Sheave.

 Fixed Secondary Sheave
             Gambar: Fixed Secondary Sheave
§  Lepaskan semua komponen Primer Sheave:
§  Fixed Primer Sheave: gunakan ring 17mm dan tahan fixed primer sheave dengan 1 baut (apabila tidak mempinyai impact).lepaskan ring 17, gigi kick starter, Ring bintang, Ring tipis(ring collar)
 Fixed Primer Sheave
Sliding Secondary Sheave

 Gambar: Fixed Primer Sheave
§  Collar.
 Collar
Gambar: Collar
§  Sliding Primer Sheave.
 Sliding Primer Sheave


Gambar : Sliding Primer Sheave
§  Roller.


 Roller / Wheight/Pemberat


Gambar: Roller / Wheight/Pemberat
§  Cam dan Slider

 Cam

Gambar: Cam
§  Lepaskan V-Belt.

 V-belt

 Gambar: V-belt
§  Cek semua komponen Primer Sheave dan Secondary Primer
§  Bersihkan semua komponen denggan menggunakan bensin lalu semprot dengan air compressor, lap semua komponen CVT dengan lap bersih dan alkohol, kecuali Kopling Pendukung, berilah Grease CVT sesuai dengan ketentuannya, primary sheave berilah grease warna putih/transparan, sedangkan untuk secondary sheave menggunakan grease berwarna kuning.


 Grease Primary (Kuning) dan GreaseSecondary (Putih)
 
Gambar: Grease Primary (Kuning) dan GreaseSecondary (Putih)
§  Ampleas Kopling Pendukung dan Mangkuk Kopling (Clutch Housing), bersihkan kembali dengan  air compressor.
§  Bersihkan V-Belt dan Mangkuk Kopling dengan alkohol lalu bersihkan dengan air compressor. Ganti komponen-komponen yang telah tidak layak di pakai.
v  Langkah Pemasangan:
§  Pasangkan kembali seluruh komponen CVT seperti semula bagian
§  Pasang Primary Sheave, secara berurutan :
-  Cam
-  Roller
-  Sliding Sheave
-  Collar, Ring tipis(ring Collar)
-  Fixed Sheave
-  Ring Bintang
-  Gigi Kick Starter
-  Ring 17 mm
-  Kencangkan Mur 17mm dengan kunci ring 17mm).
§  Pasang kembali Secondary Sheave, secara berurutan :
-  Fixed Sheave
-  V-belt
-  Sliding Sheave-
-  Seat Scondary
-  Spring (Per)
-  Clutch Carrier(Kopling Pendukung)
- Kencangkan Nut Wrench(mur pengunci kopling pendukung) menggunakan kunci lock nut wrench dan tahan Kopling dengan tracker Y (Clutch Holding)
- Rumah Kopling, kencangkan mur 24 mm, menggunakan kunci ring 24mm dan tahan menggunakan tracker X (Rotor Holding Tool)
§  Pasangkan Block CVT lalu kencangkan semua baut Block CVT.
§  Pasang kembali filter CVT 
§  Pasangkan kembali Foot Step dengan kunci ring 12mm.
§  Pasang kembali cover kiri bagian bawah sepeda motor Mio dengan mengencangkan 3 baut.
  Hasil yang Dicapai
Setelah semua komponen dibersihkan dan diperiksa, maka komponen-komponen yang telah tidak layak pakai diganti. Komponen yang di ganti: roller, rumah kopling, V-belt. Setelah ketiga komponen tersebut di ganti, suara berisik pada mesin CVT tidak terdengar lagi, dan tarikan mesin kembali normal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar